news

Senin, 13 April 2009

Disc Break Double Kaliper - Detail

Menyambung modifikasi Disc Break Double Kaliper (pada postingan lama), sa'at ini kami mencoba lebih detailkan pada pembuatan dan pemasangan braket ++ (baca: plus-plus).

Pada pembuatan braket ini ( khususnya buat roda depan), kita harus membuat mal terlebih dahulu supaya pas pada selongsong gardan dan tidak mengganggu aktifitas kerja terot atau pada sa'at mobil belok. Gambar berikut ini mungkin akan sedikit membantu . . .



Gambar diatas, sekaligus menggambarkan posisi dari braket tersebut. Plat besi untuk bahan braket ini tebalnya 5 mm dan kita bentuk sesuai mal yang telah kita buat. Mal braket ini akan berbeda ukuran karena harus menyesuaikan ukuran selongsong gardan mobil, kebetulan foto diatas adalah mal untuk mobil Toyota Land Cruiser - Hardtop.

Untuk pemasangan braket ini, kita membutuhkan waktu agak lama. Supaya braket tidak melintir, pengelasan harus sabar. Pengelasannya, kita buat beberapa titik dulu dan jangan langsung dilas total. Kita harus memperhatikan suhu jangan sampai terlalu panas agar posisi braket tersebut tidak berubah.

Oh ya . . . Untuk Discnya sendiri kita juga harus membuat / menyesuaikan lubang baut roda (ukuran PCDnya). Pengeborannya, kita mal dengan as roda lama dan harus benar - benar center. Kalo nggak center, waktu mobil dikendarai akan terasa oleng. Kemungkinan juga kita harus mengganti baut roda lama dengan yang lebih panjang.

Satu lagi . . . Pada sa'at setting akhir / finishing, rasakan juga kemampuan master remnya. Kalo dirasa perlu, ganti master rem dengan yang lebih besar. Kemudian kalo mau lebih empuk, boleh juga kita ganti sekalian servonya.

OK. . . Kalo masing bingung ?? Hubungi kami . . . Thanks 4 all.

0 komentar:

Posting Komentar