news

Kamis, 02 April 2009

Disc Brake Double Kaliper

Saat ini kami akan mengulas sedikit tentang modifikasi rem standart menjadi Disc Brake, biar lebih pakem dan lebih gampang perawatan.

Rem standart bawaan pabrik untuk mobil-mobil tahun doeloe, biasanya menggunakan Rem Teromol untuk roda belakang dan juga roda depan untuk beberapa tipe / tahun. Perawatan rem model ini agak sedikit merepotkan, sering terjadi kip bocor lah atau macet atau . . . dsb. Apalagi kalo kita pakai berpetualang melewati sungai, begitu keluar dari air kayak nggak ada rem. Diinjek sampe melar kaki tetep ngeloyor. Moga aja nggak terjadi ama kita yach . . . ?!

Nah . . . , kalo mau modifikasi pake Disc Brake yang perlu kita siapin adalah sbb. :

1. Disc Brake
Masalah bahan kita bisa pake bekas / dem (biar rada murah dikit) apa aja asal kita seneng, kebetulan yang biasa kita pakai ini bekas punya colt diesel BU (kata yang jualan sih !). Keunggulannya, dia punya Disc tebel dan double kaliper (piston ganda) coy !

2. Braket
Untuk kebutuhan yang satu ini, kita buat sendiri dari plat tebal 5 mm dan harus sesuai banget ama tempat nongkrongnya kaliper. Untuk roda depan agak sedikit repot karena ada TireRode / KingPen, jadi musti dipisah posisinya. Kalo roda belakang, lebih simple pembuatannya. Moga aja foto diatas sedikit membantu untuk ngeliat posisinya.

3. Selang Fleksible
Kebutuhan selang ini bevariasi dan dapat kita sesuaikan sendiri. Yang penting oli rem bisa nyampe dan tidak bocor. Biasa kami gunakan ; 4 pcs (punya Isuzu Phanter) untuk depan dan 2 pcs (punya Colt SS) untuk belakang.

Persiapan diatas udah cukup, tinggal pemasangan yang membutuhkan Las Listrik buat nempelin braketnya. Dalam pengelasan dibutuhkan kesabaran, karna kalo nggak sabar bisa-bisa braket / dudukan melintir. Akibatnya kaliper tidak center atau bahkan tidak dapat dipasang.

Kalo mau tahu biayanya, kurang lebih 3 jt-an (buat satu sets roda). Jadi kalo kita pasang diroda depan dan belakang, tinggal kali dua dech . . . .

Satu lagi, kalo temen-2 nggak mau repot ?!
Bisa kami pasangin kok dan juga kalo mau lebih jelas hubungi kami atau datang langsung ketempat kami.

Smoga artikel ini bermanfaat buat kita semua. Amin . . .
.

1 komentar: