news

Senin, 27 April 2009

Toyota Land Cruiser '78 - Part 2

Setelah sekian lama nggak sempat nulis, akhirnya hari ini kami sempat-sempatkan buat nyambung modifikasi yang dilakukan ama Mr. W pada Toyotanya. Yang dulu (seingat penulis) baru nyampe pada tahap pekejaan body, nah sekarang nih..tahap selanjutnya...

Sebelumnya kami informasikan perburuan mesin dan kelengkapannya. Mesin yang didapat yaitu Toyota Diesel 14B, katanya sih mesin ini cocok banget buat mobil ini. Power masih mendukung buat mbawa body ama beban dan masih enak buat petualangan (off road). Tranmisi diadopsi dari Toyota Dyna yang punya 4 percepatan maju dan 1 buat mundur. Perbandingan gigi 1 (satu) : 3,75 dengan kata lain 3,75 putaran mesin diteruskan kegardan 1 putaran.

Pemasangan mesin ini, perlu perubahan pada posisi pangkon karena ukuran mesin lebih kecil/pendek dibanding aslinya. Pangkon mesin pindah agak kebelakang kurang lebih 15 cm. Kemudian langkah selanjutnya adalah membuat adaptor supaya akur ama tranmisi. Pembuatan adaptor ini, harus benar-benar presisi karena pengaruhnya sangat besar pada pemasangan plat kopling dan pernak - perniknya.

Adaptor yang kami gunakan ada 2 buah, satu nempel pada mesin dan satu lagi nempel ditranmisi. Bahan yang kami gunakan : plat besi dengan ukuran tebal 1 cm.

Tranfer case kita pertahankan bawa'an asli mobil dengan pertimbangan posisi gardan. Disamping itu, tranfer case bawa'an ini cukup enak dipakai dan simple penggunaannya. Dengan sedikit sentuhan modifikasi, kita bisa menggunakan 2L (low) dan perpindahannya tidak merepotkan driver karena seperti sistem rotary pada tranmisi motor.

Untuk kaki-kaki (gardan) masih pakai aslinya. Menurut teknisi kami, perbandingan giginya pas banget ama tranmisi yang digunakan. Jadi mobil tidak kehilangan traksi pada kecepatan tertentu, cuman perhitungan ini baru diatas kertas belum dibuktikan coy!....

Sorry nih..dah ngantuk, lain waktu kami lanjutin...
Kalo ada yang kurang jelas, silahkan tinggalin comment (komentar) atau tunggu aja lanjutannya
.

0 komentar:

Posting Komentar