news

Jumat, 03 April 2009

Toyota Land Cruiser '78 - Part 1

Modifikasi yang satu ini agak sedikit ribet. Toyota LC '78 ini punya Mr. W, modifikasi yang diinginkan ; dari hardtop dibuat kanvas, mesin diganti diesel, rem depan ganti disc break, . . . dsb. (nggak sempet nulis semua) . . . capek dech nyebutinnya

Bermula dari mesin bensinnya yang udah mau ambrol, akhirnya Mr. W mutusin sekalian modifikasi total. Awalnya sih turun mesin buat di OverHoul ama sekalian perbarui cat, eh . . . malah kebablasan ganti mesin diesel (biar ngirit, cring . cring . . cring). Kepalang basah, kamipun mulai modifikasi ini.

1. Turunin body dan pembuatan rangka canvas.
Nggak sederhana lho ternyata, kita mesti teliti dan detail banget masalah ukuran-ukurannya. Dan juga nggak ketinggalan harus dipertimbangkan segi art/seninya. HardTop dibuang terus dibuat rangka canvas pakai pipa 3/4 inchi. Setelah itu mulai pembuatan pintu belakang yang juga harus pakai canvas, nggak ketinggalan pintu depan. Masih ada lagi kerjaan yaitu buang bagian-bagian yang keropos diganti ama plat baru dan juga profile body tetap dipertahankan.

2. Setting Body.
Udah selesai tahap awal, kita naikin/tempelin lagi body ke chasis buat setting part demi part (satu per satu) agar sesuai dengan ukurannya dan nggak kelihatan miring. Sembari setting body ini kita kelupas cat aslinya sampe bersih banget karena yang empunya pingin ganti warna juga (aslinya warna merah bata).

3. Pengecatan.
Disini nih ! Ribet lagi, body udah nempel tapi kita musti turunin lagi buat dicat. Pengecatan ini dimulai dari bagian bawah body kemudian baru yang lain. Chasis ama kaki-kaki dan pernak - pernik kecil lainnya juga nggak luput dari proses ini. Harus detail coy ! Biar puas dan kami tidak lemas (kayak Tukul aja yach).

Dari ketiga proses ini, waktu yang dibutuhkan cukup lama dan masih pake banget (2 bulanan coy) karna kita ngerjainnya santai. Lagian nggak diburu setoran . . . he . he . ha . ha . 30x
Sebenarnya kalo kita serius cukup 1 bulan, mungkin juga bisa kurang.
Oh ya, kami sampe lupa. Tahap berikutnya masih banyak, setting mesin, set kabel body, rem dan lain-lain sampai pasang body lagi & finishing. Belum juga Test Drive . . . .
Tapi yang nulis udah capek, jadi tunggu aja di Part 2, 3 dst.
Trims & jangan lupa cek blog ini lagi . . .
.

0 komentar:

Posting Komentar